Perkembangan Teknologi dalam Pembuatan Film Dunia

Yang namanya Industri perfilman, sudah pasti membutuhkan adanya teknologi dalam membuat film tersebut supaya jadi. Film ini sendiri merupakan produk teknologi dan kalian juga harus mengetahui hal tersebut. Semenjak tahun 1900 an, dunia film ini sendiri sudah mulai diproduksi dan juga terus berkembang sampai dengan sekarang ini. Untuk kualitas dari beberapa ide-ide cerita selalu saja muncul yang baru. Hal ini dikarenakan teknologi yang digunakan juga semakin canggih dan semakin berkembang dengan luas. 

Selain itu, dibantu juga dengan teknologi komputer berupa CGI atau Computer Generated imagery. Mengapa banyak yang menggunakan teknologi CGI ini ? hal ini dikarenakan teknologi dan Visual Effectnya bagus sekali. Kalian bisa lihat film dengan judul The Avengers, Star Wars, lalu Blade Runner 2049, Avatar dan masih banyak lagi yang lainnya memakai teknologi CGI ini. Beberapa studio Animasi layaknya Disney Pixar, Warner Bros dan juga Dreamworks yang akan membuat berbagai film animasinya menggunakan CGI. sehingga film animasi ini yang dihasilkan tidak hanya 2D namun juga 3D. 

Berikut ini bisa lihat langsung beberapa perkembangan teknologi yang ada di dunia, dan bisa kalian pahami mulai detik ini !

Perkenalan Teknologi CGI 

Jadi, Computer Generated Imagery – menjadi teknik dari pencitraan 3D yang sudah dilakukan langsung oleh sebuah komputer pada media tertentu. CGI ini sudah langsung masuk dalam sebuah golongan spesial efek yang biasa saja digunakan dalam pembuatan film, acara televisi, iklan hingga game. Untuk CGI ini mirip dengan teknik animasi tradisional atau gerakan yang dibuat langsung melalui rangkaian gambar-gambar yang sudah saling bertautan dan umumnya menjadi sebuah gambar bergerak yang tercipta dalam ritme 24fps yang artinya : dalam 1 detik saja sudah terdapat 24 gambar yang saling saja bertumpuk dalam menciptakan satu harmoni yang bergerak. 

Teknologi yang  Mengubah Jalannya Industri Perfilman 

Kamera  Film – teknologi ini sudah ditemukan lama sekali, ada yang mengatakan juga tahun 1895 sudah hadir. Dikarenakan gambarnya sangat bagus dan yang dikeluarkan sangat nyata pada akhirnya banyak orang-orang yang berlari untuk menghindari layar yang menunjukkan kereta berjalan langsung ke arah mereka. 

Suara yang Sinkronis – dimana film bisu sudah memasuki masa keemasan sebelum benar-benar ditemukannya teknologi ini. Dan betul saja, Live Music langsung diadakan sebagai salah satu latar musik untuk filmnya tersebut. 

Warna Gambar – dulunya film berwarna Monokrom atau Hitam Putih. Dimana kehadiran teknologi yang menampilkan warna ini bisa membuat film jauh jadi lebih nyata. 

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PERFILMAN. I.SEJARAH FILEM | by Bayugatra | Medium

Green Screen – teknologi ini mulai digunakan sejak tahun 1940 an yang mana bisa membuat aktor berada dimana saja. 

Rig Kamera – alat ini memang dikhususkan untuk membantu adanya perkembangan teknik pada pengambilan gambar. Dengan gambar yang hasilnya mulus, berkat bantuan alat yang satu ini. 

Lensa Digital – untuk saat ini lensa digital sudah marak berkembang dan dijual belikan sangat mudah untuk bisa kalian cari. Dulu memang sangat amat susah untuk bisa mendapatkan adanya frame terbaik yakni gambar 24 Frame/Detik dimana sekarang ini sangat amat mudah untuk didapat. 

Gambar Berasal dari Komputer – adanya CGI yang sudah menunjukkan adanya kemunculan era Modern dari Industri perfilman. 

Perkembangan Teknologi CGI dalam Pemakaiannya 

Keberhasilan film-film ini alhasil mampu membuat CGI sendiri menjadi salah satu unsur utama yang mana mampu digunakan dalam sebuah proses pembuatan filmnya. Namun di dalam prosesnya memang sangat membutuhkan waktu yang tidak sebentar lho! Selain itu biaya yang dikeluarkan juga mahal dan banyak sekali properti yang menjadikannya terlihat begitu nyata. Peralatan seperti tali sling, lalu layar hijau, set studio yang besar mampu memuat beberapa properti lainnya. 

10 Adegan film Hollywood sebelum & sesudah efek CGI, bik

Hal ini dikutip dari situs tirto.id yang direferensikan oleh idseducation, dibutuhkan 400 pekerja Visual Effect yang bekerja sama langsung selama 4 tahun hanya untuk membawa film 2D ke Bioskop. Sedangkan untuk CGI ini hanya saja membutuhkan setengah dari angka tersebut dan hanya saja membutuhkan adanya waktu selama 3 tahun di dalam membuat film yang memanfaatkan adanya komputer. Fakta lainnya adalah Film pirates of the Caribbean at World’s End sudah mampu menghabiskan uang dengan nilai $1 Juta/ menit hanya untuk membiayai efek visual dari komputernya. 

Cara Penggunaan dari Efek CGI 

Jadi untuk efek CGI ini banyak sekali mengundang decak kagum bagi para penonton yang dibuat langsung untuk melalui tahap sangat amat kompleks dan juga tidak semudah menonton dari layar lebar di Bioskop. Dan untuk bisa membuat adanya efek dari CGI ini pada suatu vidio, memiliki banyak sekali tahapan yang memang harus bisa dilalui supaya sesuai sekali dengan hasil yang benar-benar diinginkannya tersebut. 

Proses dari pembuatan CGI ini menjadi salah satu hal menarik pada keseluruhan produksi dari sebuah film yang sangat sayang sekali untuk bisa dilewatkan. Disini kalian juga bisa untuk melihat adanya rahasia di balik layar film favorit kalian dengan menyaksikan bagaimana proses dari pembuatan karakter, lalu background lingkungan, efek khusus dan berbagai elemen pendukung film lainnya. 

11+ Rahasia di Balik "Keajaiban" CGI. Tanpanya, Pasti Kita Nggak Bakal Mau  Nonton Filmnya, Kan?

Nah, kunci utama dari penggunaan Teknologi CGI sendiri bisa menghasilkan visual ciamik pada Integrasi gambar komputer dengan lokasi dan juga berupa objek dari dunia nyata. Pencampuran kedua elemen inilah yang kemudian bisa menghasilkan gambar estetis yang bisa kalian lihat di layar kaca. Produksi CGI sendiri dilakukan dengan melalui beberapa tahapan yang diawali dengan membuat banyak sekali bentuk-bentuk grafis dasar komputer yang nantinya akan langsung dipakai sebagai sebuah bahan visual yang utama. Setelah gambar-gambar yang dibuat ini akan diberikan efek khusus supaya terlihat jauh lebih nyata. 

Elemen pada gambar yakni : Lighting, Tekstur, dan juga warna yang dikerjakan menjadi satu persatu dalam menambahkan detail yang diperlukan. Detail inilah yang membuat tampilan CGI ini terlihat jauh lebih realistis dan tidak akan tampak seperti halnya harta karun. Yang membuat ini jauh lebih keren lagi karena, semuanya memang dikerjakan secara Frame by frame lho. 

Visual yang ada sangat Realistis dan Fantastis 

Jadi untuk proses pembuatan CGI ini sendiri bisa bervariasi di antara suatu film dan juga lainnya, tergantung pada sebuah kompleksitas dan juga jenis efek yang diinginkan. Semakin detail dan juga sangat amat nyata perihal visual yang ingin langsung ditampilkan maka nantinya akan langsung rumit pula proses pembuatannya tersebut. 

Dalam pembuatannya sendiri benar-benar menggunakan CGI dan tim produksi ini bisanya memiliki departemen yang khusus dalam menangani efek visual dari CGI. departemen ini langsung saja terdiri dari para desainer dan juga animator dengan andal dan masing-masing mengerjakan dari bagian spesifik pada special effect film. 

Tak sampai disitu saja, ada juga orang-orang yang langsung saja bekerja di departemen ini biasanya dibagi-bagi lagi menjadi tim-tim kecil dengan fungsi Jurassic World dan ada juga tim yang secara Khusus menangani sebuah proses gerak dinosaurus dan bisa menampilkan secara alami kulit yang ada di dalamnya. 

Itulah beberapa perkembangan dari pembuatan teknologi dalam dunia perfilman. Semoga bisa menjadi informasi terbaik untuk kalian semua!